Cara Membuat Tag Title yang SEO Friendly

0 comments

Cara Membuat Tag Title yang SEO Friendly, Cara Membuat Title yang SEO Friendly, Panduan Optimasi Title Agar SEO Friendly, Cara Membuat Title Blog yang SEO Friendly. Tag title pada halaman blog merupakan elemen yang pertama kali dilihat oleh search engine Google. Title merupakan salah satu elemen paling penting dari SEO on-page karena title merupakan faktor terpenting kedua dari SEO on-page setelah konten. Jika ingin meningkatkan peringkat blog di hasil penelusuran search engine, utamanya Google, maka tentunya harus mengetahui bagaimana cara membuat title blog yang SEO friendly agar lebih optimal. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan optimasi title agar halaman blog lebih mudah ditemukan lewat search engine, khususnya Google. Karena title selalu akan ditampilkan di hasil pencarian Google, supaya blog lebih maksimal di hasil pencarian, artinya penulisan dan format title wajib diperhatikan dalam optimasi SEO.

Karena secara default Blogspot tidak hadir dengan SEO yang telah dioptimalkan, struktur title tag bawaan dari Blogspot itu justru meletakkan judul blog di awal title baru kemudian judul artikel. Ini tentunya tidak sesuai dengan kaidah optimasi SEO yang diharapkan oleh search engine, khususnya Google, karena search engine akan membaca title dari kiri ke kanan, dan bukan sebaliknya. Agar sesuai dengan format SEO yang diinginkan, jadi perlu mengganti title tersebut secara manual agar lebih SEO friendly.

Secara default, syntax untuk <title /> adalah sebagai berikut:

    <title><data:blog.pageTitle/></title>

atau

<title><data:view.title.escaped/></title>

Susunan title bawaan dari Blogspot biasanya judul blog berada di awal dan judul postingan malah berada di belakangnya. Bahkan untuk template default Blogger yang terbaru hanya terdiri dari judul artikelnya saja. Supaya format title tersebut SEO friendly, maka harus diganti dengan susunan title tag yang SEO friendly, yaitu judul postingan berada di awal dan judul blog ada di belakangnya.

Untuk itu, tag title default tersebut sebaiknya diganti dengan susunan tag title yang SEO friendly. Cara mengganti tag title default dengan format tag title yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

  1. Buka blogger.com
  2. Kemudian klik Tema => Edit HTML, cari tag title di bawah ini dan hapus.
  3.     <title><data:blog.pageTitle/></title>
    

    atau

    <title><data:view.title.escaped/></title>
    
  4. Ganti dengan syntax berikut ini:
  5.   <title>
    <b:if cond='data:blog.pageName != ""'><data:blog.pageName/> | </b:if><data:blog.title/>
    </title>
    
  6. Simpan Template dan lihat hasilnya.

Susunan tag title di atas adalah susunan sederhana dari tag title yang SEO friendly. Kalau mau yang lebih lengkapnya bisa gunakan susunan tag title di bawah ini:

<title>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "error_page"'>Page Not Found! - <data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'><data:blog.pageName/>~ <data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageName == ""'><data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.searchQuery'>Search results for <data:blog.searchQuery/> : <data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.searchLabel'><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/><b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/><b:else/><data:blog.title/></b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if></title>

Selamat mencoba.

Edit This

0 Readers Interaction:

Post a Comment